Sabtu, 24 Juni 2017

Video Marketing: Salah Satu Masa Depan Digital Marketing

video masa depan digital marketing
Video Marketing

Dalam 10 tahun belakangan ini, dunia digital telah berubah secara signifikan. Sekarang, orang-orang lebih suka menggunakan perangkat mobile kecil mungil miliknya dibanding menggunakan laptop dan desktop dalam berinteraksi di internet.

Tentu kabar ini akan membuat dunia pemasaran digital juga akan berubah. Apalagi bagi Anda yang merupakan seorang Marketer, harus kembali replanning atau merencanakan ulang strategi-strategi kedepannya. Namun di zaman yang serba-serbi perangkat mobile ini, ternyata ada kebiasaan pengguna smartphone yang dapat kita jadikan bahan utama untuk racikan strategi digital marketing, yaitu Nonton Video.

Pasalnya seperti survei yang dilakukan oleh Google di situs ThinkWithGoogle, ternyata generasi millenials (sebutan generasi abad kini) 2x lebih menyukai menonton video di perangkat smartphone mereka dibanding TV konvensional.

Bahkan pengguna smartphone mulai dari usia 18-34 tahun ternyata 98% lebih menyukai menggunakan perangkat mobile dalam menonton konten video di setiap aktivitas kesehariannya. Lebih lengkapnya ada beberapa riset dan penelitian lain yang juga mendukung kelebihan Video Marketing di zaman yang selalu serba-serbi mobile saat ini:

Rata-rata pengguna dapat menghabiskan hingga 16 menit 49 detik dalam sebulan untuk menonton iklan video online – ComScore
80% konsumen mengatakan bahwa sebuah video yang berisi suatu produk atau jasa sangatlah penting untuk mempelajari tentang perusahaan tersebut – Animoto
50% marketer mempertimbangkan bahwa testimonial pelanggan, video tutorial, dan video demonstrasi merupakan tipe yang paling efektif dari semua video konten yang digunakan – Asend2 
85% marketer digital dunia mempublish videonya di YouTube – SEJ

Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa video merupakan kekuatan digital marketing yang ampuh untuk masa depan adalah hasil penelitian dari HubSpot, dimana setidaknya ada 10 kesimpulan yang mereka ambil dari berbagi riset yang dilakukan sebelumnya, yaitu:
  1. Video diproyeksikan dapat mengklaim lebih dari 80% traffik website pada tahun 2019.
  2. Menambahkan video ke emails marketing dapat meningkatkan rasio klik-tayang sebesar 200-300%.
  3. Menanamkan (membenamkan) video di landing pages dapat meningkatkan rasio konversi sebesar 80%.
  4. 90% pelanggan melaporkan bahwa video produk membantu mereka membuat keputusan pembelian.
  5. Menurut YouTube, konsumsi video mobile tumbuh 100% setiap tahunnya.
  6. 64% pelanggan lebih cenderung membeli produk secara online setelah menonton video tentang hal itu (produk yang ditonton).
  7. 87% Pemasar Online atau Internet Marketers saat ini menggunakan konten video dalam strategi pemasaran digital mereka.
  8. Sepertiga dari semua orang menghabiskan waktu online didedikasikan untuk menonton video.
  9. Iklan video sekarang mencakup 35% lebih dari semua belanja iklan secara online.
  10. 59% pengambil keputusan perusahaan lebih suka menonton video daripada membaca artikel atau postingan blog.

video masa depan digital marketing
James McQuivey Konferensi TNW Eropa

Selain itu, salah satu pakar dan konsultan pemasaran digital Internasional James McQuivey sangat mendukung strategi video sebagai pemasaran produk terbaik, sebab dalam satu menit saja sebuah konten video dapat setara dengan 1,8 juta kata. So, gak usah heran jika memang Audience masa kini lebih menyukai konten video dibanding artikel, karena video memang mudah ditangkap dan dipahami oleh Audience.

Nah, bagi Anda yang memang baru mempelajari kiat-kiat tentang video marketing, ada beberapa jenis video yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis kecil atau sebutan di Indonesia ialah Usaha Kecil-Menengah (UKM) hingga perusahaan kelas kakap, antara lain

  • Video About Us atau Company Culture : Bertujuan untuk memperkenalkan usaha atau perusahaan Anda kepada khalayak umum, bisa tentang sejarah perusahaan, visi misi, maupun penawaran.
  • Video Demonstrasi Produk : Memperkenalkan produk atau jasa disertai layanan-layanan yang akan didapatkan oleh pelanggan.
  • dan Video Testimonial Pelanggan : Pendapat pelanggan tentang usaha/perusahaan/produk dan layanan Anda.


Dan tentu masih banyak lagi riset yang membeberkan betapa kuat pengaruh dari video marketing. Bagi Anda yang ingin lebih mendalami tentang alasan dan mengapa video harus digunakan sebagai strategi marketing, Anda dapat membaca lengkapnya disini.

Namun pada akhirnya, suka atau tidak suka, cepat atau lambat, video marketing tetap akan menjadi pilihan pemasaran terbaik dan Anda harus mempelajarinya dari sekarang. Apalagi keuntungan yang paling disukai para marketer dari video marketing adalah biaya produksi yang rendah, memiliki visual yang menarik, hingga dampaknya yang sangat besar.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon